Popular Post

Posted by : Unknown Friday, October 9, 2015

Sistem Informasi Manajemen 

1. Dari uraian singkat mengenai definisi Informasi yang anda ketahui, kebutuhan informasi apa  yang sangat mendasar bagi suatu perusahaan dalam mengembangkan manajemennya ?
(Sebut dan jelaskan hal tersebut berikut contoh perusahaan yang memanfaatkan informasi tersebut seperti contoh perusahaan PT SAMPOERNA, cari contoh lainya minimal 1 perusahaan.)

Jawaban :

 

Istilah informasi :

Banyak orang menggunakan istilah "era informasi", "masyarakat informasi," dan teknologi informasi, dalam bidang ilmu informasi dan ilmu komputer yang sering disorot, namun kata "informasi" sering dipakai tanpa pertimbangan yang cermat mengenai berbagai arti yang dimilikinya.

Berikut ini adalah definisi dari informasi :
      Informasi adalah salah satu bentuk sumber utama dalam organisasi yang digunakan manajer untuk mengendalikan organisasinya. Kebutuhan informasi yang sangat mendasar adalah kegiatan bisnis yang semakin kompleks dan kemampuan komputer yang semakin meningkat atau bisa di sebut juga pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan.
      Untuk sebuah perusahaan, pastinya membutuhkan informasi untuk mengembangkan manajemennya dan kebutuhan informasi yang sangat mendasar bagi suatu perusahaan dalam mengembangkan manajemenya adalah :
  • Pemasaran Produk   :
Pemasaran adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.

  • Promosi Perusahaan :
Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka.

Kualitas barang        : 
Kualitas atau mutu adalah tingkat baik buruknya atau taraf atau derajat sesuatu.

            Kebutuhan informasi yang sangat mendasar bagi suatu perusahaan dalam mengembangkan perusahaannya adalah :
    • Memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen dan tingkat kepercayaan pada suatu produk dari perusahaan tersebut lalu cerminan dari kualitas produk yang telah berhasil meraih kepercayaan pelanggan dalam pasar yang kompetitif.

    • Konsep internal dalam dampak eksternal yang memiliki perhatian dan kepedulian nyata terhadap lingkungan kemudian pelatihan intensif yang dilakukan oleh tenaga internasional sebagai para ahli dalam bidang ini.


    2). Sebutkan dan jabarkan 5 bentuk sumber  yang dikelola oleh seorang manajemen ?

    Jawaban :
    Sumber  yang dikelola oleh seorang manajemen, antara lain yaitu :

    1. Manusia adalah Manusia berperan penting dalam proses pengeolalaan Manajemen, karena disinilah titik tonggak pengolahan Informasi yang akan disampaikan dan diatur dalam sebuah proses manajemen pada suatu perusahaan atau instansi tertentu.

    2. Material adalah Material merupakan salah satu sumber yang bisa dikelola seorang Manajer untuk dijadikan barang modal yang akan di proses dalam sistem informasi manajemen ataupun perusahaannya sendiri untuk ditransaksikan.

    3. Mesin termasuk fasilitas dan energy adalah Merupakan salah satu sumber penghasilan dan penyempurnaan dari material yang sudah diolah dan bisa menjadikan sebuah alat yang bisa mendatangkan keuntungan dari hasil proses dan transaksi yang dilakukan. dan bisa membantu dalam kelancaran proses kegiatan dalam sebuah perusahaan.

    4. Keuangan adalah Merupakan Modal yang sangat penting dalam menunjang aktivitas dan keseimbangan proses manajemen yang diterapkan serta menjadi sebuah sarana penting dalam sebuah perusahaan.

    5. Informasi termasuk data adalah Merupakan data data yang perlu disimpan dan diolah karena sangat penting, setiap Informasi yang masuk perlu diolah dan didistribusikan kepada 4 titik point penting seperti yang dijelaskan diatas, sebagai contoh informasi pangsa pasar dan pendisitribusian barang yang akan menjadi sangat fatal jika ditanggapi dengan salah.



    3). Elemen lingkungan adalah organisasi/ individu yang berada di luar perusahaan  dan mempunyai pengaruh langsung/ tak langsung pada perusahaan. Sebut dan jelaskan elemen-elemen lingkungan manakah yang dapat secara mudah berhubungan dengan perusahaan yang menggunakan transmisi elektronik.


    Jawaban :


    Elemen lingkungan perusahaan yaitu :
    1. Perusahaan dan Pemerintah : Data yang dibutuhkan Perusahaan pada Pemerintah, antara lain : Data UU Tenaga Kerja, Data Peraturan Pemerintah. Sedangkan yang dibutuhkan Pemerintah pada perusahaan, antara lain : Data Laporan Pajak, Data  Jumlah Karyawan, dan Data Kebijakan Pemerintah.
    2. Perusahaan dan Masyarakat Keuangan : Data yang dibutuhkan Pemerintah pada Masyarakat Keuangan, antara lain : Data Tingkat Suku Bunga dan Data Prosedur Kredit. Sedangkan yang dibutuhkan Masyarakat Keuangan pada Pemerintah.
    3. Perusahaan dan Pelanggan : Data yang dibutuhkan Perusahaan pada Pelanggan, antara lain : Data Keuangan Pelanggan, Data Profil Pelanggan, Data Daya Beli Pelanggan, Data Pribadi Pelanggan. Sedangkan untuk data yang dibutuhkan Pelanggan pada Perusahaan, antara lain : Data Kualitas Produk, Data Harga Produk, Data Stock Produk.
    4. Perusahaan dan Serikat Buruh : Data yang dibutuhkan Perusahaan pada Serikat Buruh, antara lain : Data Keanggotaan Serikat Buruh dan  Data Pribadi Serikat Buruh. Sedangkan data yang dibutuhkan Serikat Buruh pada Perusahaan, antara lain : Data Peraturan Kerja, Data Upah, Data Jabatan, dan Data Perusahaan.
    5. Perusahaan dan Pemegang Saham / Pemilik : Data yang dibutuhkan Perusahaan pada Pemegang Saham / Pemilik, antara lain : Data Pribadi Pemegang Saham, dan Data Investasi Pemegang Saham. Sedangkan data yang dibutuhkan Pemegang Saham pada Perusahaan, antara lain  : Data Laporan Keuangan, Data Pemegang Saham, Data Pangsa Pasar, dan Data Profil Perusahaan.
    6. Perusahaan dan Pesaing : Data yang dibutuhkan Perusahaan pada Pesaing, antara lain : Data Penjualan Pesaing, Data Sumber daya Manusia Pesaing, Data Sumber Daya Sistim pesaing dan Data Informasi Dari Customer tentang Pesaing. Sedangkan yang dibutuhkan Pesaing pada Perusahaan, antara lain : Data Profil, Data SDS, Data SDM.
    7. Perusahaan dengan Masyarakat Global ( Bisnis ) : Data yang dibutuhkan Perusahaan pada Masyarakat Global, antara lain : Data Profil Perusahaan, Data Legalitas Perusahaan, dan Data Perjanjian Kerjasama. Sedangkan data yang dibutuhkan Masyarakat Global pada Perusahaan, antara lain : Data Audit Internal, Data audit Eksternal, Data Administrasi, Data Legalitas Perusahaan, Data Profil Perusahaan. 


    SUMBER :
    http://ghost-trainz.weebly.com/tugas-pertemuan-pertama.html
    http://joehannaicha.blogspot.co.id/2012/10/tugas-sistem-informasi-manajemen_12.html
    https://id.wikipedia.org/wiki/Informasi
    http://tugassam.blogspot.co.id/2015/01/contoh-perusahaan-yang-menggunakan.html

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

    - Copyright © FlashLeo - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -