Popular Post

Posted by : Unknown Wednesday, October 25, 2017

2.2 Bagaimana Cara Pengendalian Untuk Hardware ?

Pentingnya perawatan komputer hardware jelas memberi pengaruh bagi kelancaran kerja kita yang berhubungan dengan komputer. Misalnya, kita biasa menggunakan komputer untuk bermain game atau menjalankan program-program berat yang membutuhkan banyak kapasitas memory, space hard disk dan power supply, itu artinya perawatan hardware mengarah pada hardware-hardware yang langsung berhubungan dengan permainan game, seperti; grafis, memory, hard disk dan power supply dan bisa juga sound card.
Perawatan hardware komputer bergantung pada intensitas kerja komputer. bagaimana cara merawat hardware komputer dengan asumsi kerja komputer cukup berat dan memerlukan perawatan agar kegiatan yang berhubungan dengan komputer tersebut bisa lancar tanpa kendala yang berarti. Komponen yang harus kita rawat adalah Power Supply, Memory/RAM, Kartu Grafis, Harddisk, Prosesor. Minimal beberapa bulan sekali di bersihkan dari debu. Untuk harrdisk perawatannya adalah dengan cara mendefragmentasikannya.
Selain dengan cara-cara diatas adalah penting pula untuk melakukan perawatan hardware sekunder, yakni dengan menyediakan (membeli) PSU atau stabilizer yang berguna untuk menstabilkan tegangan yang datang dari arus listrik PLN. Dikarenakan tegangan PLN pada beberapa kasus seringkali mengalami penurunan dan kenaikan yang berarti, maka dibutuhkan stabilizer yang akan menstabilkan tegangan dari PLN ke dalam CPU sehingga dapat menghindari terjadinya terbakar pada media motherboard dan memory khususnya hard disk yang memiliki aliran listrik statik.
Dengan menggunakan PSU, pada waktu listrik PLN mati mendadak, akan memberikan waktu untuk men-shutdown PC/laptop kita untuk menghindari crash pada hard disk yang bisa menyebabkan ketidakstabilan pada media magnetisme hard disk dan ini jelas akan berdampak pada piringan harddisk dalam bentuk goresan (baca: bad sector fisik hard disk).

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © FlashLeo - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -