Popular Post

Posted by : Unknown Wednesday, October 25, 2017

2.4 Bagaimana Cara Pengendalian Untuk Jaringan ?

Cara pengendalian untuk jaringan itu sangat perlu sekali, apalagi bila kita memasang jaringan internet pada rumah, atau jaringan pada perusahaan. Kita harus mengetahui cara merawat jaringan komputer dengan benar, terutama untuk para administrators. Cara merawat jaringan komputer tidaklah mudah, harus mengetahui proses dan tahapan-tahapan bagaimana proses jaringan komputer tersebut berjalan pada setiap system,  program atau software dan hardwarenya. Caranya yaitu dengan cara maintenance jaringan komputer untuk menjaga dan merawat jaringan komputer. Cara melakukan maintenance harus secara rutin, kita harus mengetahui beberapa perangkat keras yang ada dalam jaringan komputer tersebut seperti komputer server, komputer client, HUB/Switch, router, kabel jaringan, serta konektor-konektor lainnya. Dalam beberapa komponen tersebut di atas, perlu untuk dijaga dan dirawat agar jaringan yang sudah terpasang benar-benar berfungsi dengan baik. Cara melakukan maintenance jaringan komputer antara lain :

1. Perawatan Server
Server merupakan pusat kendali bagi komputer client, dimana komputer server selalu melayani permintaan dari client secara terus menerus. Server biasanya berada pada perusahaan. Perawatan pada server sangat penting karena server merupakan pusat  penyimpanan data-data pada client. Dimana perlu dilakukan data backup secara berkala, bisa 1 bulan sekali, 1 minggu sekali, atau 2 hari sekali. tergantung dari kinerja server itu sendiri. Itu dilakukan karena server bekerja 24 jam nonstop. Jika perlu, komputer server harus memiliki server backupan atau pengganti, agar jika terjadi kerusakan pada komputer server utama maka akan ada penggantinya.

2. Perawatan Komputer Client
Komputer client harus tetap dijaga dan dirawat secara berkala, misalnya melakukan defragment, membersihkan temporary file, scanning virus,  menghapus file installer yang masih tertinggal atau tidak ter uninstall dengan baik.


3. Perawatan Pada Switch

Switch merupakan salah satu perangkat dalam jaringan komputer yang berfungsi sebagai perantara dalam suatu jaringan komputer. Jika terjadi kerusakan pada Switch, maka jaringan komputer tidak akan bisa berkomunikasi antara server dengan client maupun client dengan client. Sebaiknya kinerja Switch harus di cek ecara berkala, dan tempatkan Switch di tempat yang tidak berdebu dan suhu yang dingin agar Switch dapat bekerja secara optimal.

4. Perawatan Kabel Jaringan

Kabel jaringan mempunyai peranan yang sangat penting dalam sebuah jaringan komputer karena tanpa adanya instalasi kabel jaringan maka tidak akan tercipta sebuah jaringan komputer. Biasanya kerusakan pada kabel jaringan terjadi karena posisi penempatan kabel tidak terlindungi dari binatang pengerat seperti tikus, jika kabel sudah sobek atau rusak karena digigit tikus maka akan mempengaruhi kinerja jaringan bahkan sampai tidak konek ke internet jika kerusakan kabel sudah parah.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © FlashLeo - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -