Popular Post

Posted by : Unknown Friday, January 12, 2018



2. Bandingkan dan jelaskan inovasi apa yang paling menonjol pada app transportasi online di Indonesia ?

Jawaban

Di Indonesia jenis transportasi online yang ditawarkan sangat bermacam-macam, antara lain yaitu Grab, Uber, dan Gojek. Ya, mereka adalah perusahan jasa transportasi online yang populer di indonesia dengan mempunyai fitur masing-masing. Kendaraan yang ditawarkan pun bermacam-macam seperti motor, taksi, atau mobil. Dan menariknya ini, salah satu aplikasi online yaitu Gojek, menawarkan lebih banyak pelayanan seperti pesan-antar makanan, pesan-antar barang, pesan-antar layanan pijat, pesan-antar layanan salon, dan lain-lain. Tentunya hal ini menjadi suatu terobosan yang banyak diminati konsumen, terutama bagi mereka yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu luang untuk membeli makanan, mengantar barang, perawatan, dan lain-lain.

Kehadiran transportasi online memang menjadi anugrah bagi sebagian orang. Penggunanya pun tidak hanya pekerja kantoran saja, berbagai kalangan dari mulai remaja hingga ibu-ibu, sekarang memanfaatkan transportasi online ini. Di saat kendaraan roda empat mengantre untuk melintasi persimpangan, sepeda motor dapat menembusnya dengan cepat. Waktu tempuh antara sepeda motor dengan mobil sudah pasti berbeda. Sepeda motor bisa melewati jalan pintas yang mungkin tak bisa dilalui mobil.

Kehadiran transportasi online ini merupakan bagian dari inovasi teknologi yang memang bertujuan untuk memudahkan masyarakat. Dengan berbasis teknologi, kita tidak perlu repot mencari kendaraan, cukup pesan lewat aplikasi dan tunggu hingga notifikasi pengemudi kendaraan diterima di Handphone. Caranya sangat mudah dan praktis. Inilah keunggulan utama dari aplikasi transportasi online ini. Namun, kehadiran transportasi online ini tidak hanya mendapat dukungan masyarakat, beberapa pihak pun merasa dirugikan dengan adanya transportasi online ini. Antara lain taksi, angkutan umum, dan ojek pangkalan.

Oleh karena itu, orang-orang yang tergabung dalam berbagai Ormas ini meminta pemerintah segera menindak tegas, bahkan harus menutup aplikasi tersebut karena telah merugikan taksi, angkutan umum, dan ojek pangkalan yang sudah melayani masyarakat bertahun-tahun. Ironisnya, Aksi demo ini juga berujung kericuhan dan ada yang melakukan sweeping terhadap pengemudi taksi dan ojek online. Para pengemudi ojek online yang tak terima gantian melakukan sweeping. Aksi saling lempar benda sampai pengeroyokan terjadi. Hal ini tentunya perlu menjadi perhatian bagi pemerintah dan masyarakat.

Kemunculan transportasi online yang diminati masyarakat memperlihatkan bila transportasi berbasis aplikasi teknologi online ini harus menjadi perhatian. Perkembangan teknologi saat ini memang tak bisa dilarang, sehingga akhirnya muncul transportasi berbasis online. Banyak masyarakat yang merasa terbantu dengan hadirnya transortasi online. Namun bagi angkutan umum biasa justru mengganggu karena mengurangi jumlah konsumen mereka. Apalagi kelebihan transportasi online lainnya selain dari efisiensi waktu juga efisiensi biaya. Harga yang ditawarkan dianggap jauh lebih murah. Tentu saja dari segi pertimbangan ekonomi, orang-orang akan lebih memilih kendaraan yang lebih cepat dan harganya lebih murah.

Namun di satu sisi, transportasi online ini juga kurang memenuhi peraturan, misalnya soal penggunaan plat hitam, penggunaan kendaraan pribadi, pengenaan pajak, izin usaha, dan lain-lain. Oleh karena itu, peran pemerintah selaku pembuat kebijakan dan pengambil keputusan harus banyak berperan. Dalam sudut pandang kesejahteraan sosial, adanya suatu perubahan yang belum diantisipasi oleh pemerintah sehingga akhirnya menimbulkan kekhawatiran beberapa pihak yang merasa kesejahteraannya akan terancam dengan kehadiran transportasi online ini. Di era innovative economy, inovasi teknologi menjadi hal yang sangat penting dan justru perlu didukung dalam rangka pembangunan.

Kehadiran ojek dan taksi online ini menjadi salah satu perwujudan innovative economy dalam bidang transportasi. Tujuan utamanya sebenarnya agar memudahkan masyarakat yang memiliki mobilitas tinggi agar dapat mengakses transportasi yang dibutuhkan. Namun perubahan ini mungkin dinilai terlalu cepat sehingga baik pemerintah maupun masyarakat belum bisa beradaptasi. Euforia transportasi online membuat banyak pihak lupa adanya peraturan-peraturan yang harus dipatuhi dalam bidang transportasi. Apalagi para pengguna yang mungkin tidak begitu memahami hal ini, karena bagi pengguna yang terpenting adalah kegunaan dan manfaat yang didapat.

Oleh karena itu, pemerintah seharusnya lebih tanggap mengawasi hal ini, misalnya dengan mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) terkait pengaturan transportasi online dan transportasi umum biasa, yang selanjutnya peraturan tersebut bisa dilanjutkan oleh lintas kementerian melalui Peraturan Menteri (Permen). Para sopir angkutan umum pun harus diperhatikan kesejahteraannya karena kehadiran transportasi online ini tentu mengancam pasar mereka.

Jika pemerintah tidak segera bertindak tegas, maka konflik ini akan semakin meruncing dan tidak pernah habis. Karena zaman semakin berkembang, inovasi teknologi semakin tidak dapat dicegah, masyarakat semakin sadar IPTEK, namun kondisi di lapangan belum kondusif dan mendukung perubahan ini. Perlu adanya penyesuaian dan pengkondisian sehingga kondisi masyarakat selaras dengan perkembangan zaman. Maka, pemerintah menjadi ujung tombak dalam menanggapi pro-kontra transportasi online ini agar tercipta kesejahteraan bagi seluruh masyarakat.

Daftar Referensi :
https://berandainovasi.com/pro-kontra-transportasi-online-bijaksana-mengelola-inovasi-untuk-kesejahteraan-bersama/


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © FlashLeo - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -