Popular Post

Posted by : Unknown Monday, April 16, 2018


BUDAYA PERUSAHAAN DAN NILAI-NILAI DARI PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK

Budaya Perusahaan BNI

Budaya Kerja BNI “Prinsip 46” merupakan Tuntutan Perilaku Insan BNI, terdiri dari:
4 (empat) Nilai Budaya Kerja
1. Profesionalisme.
2. Integritas.
3. Orientasi Pelanggan.
4. Perbaikan Tiada Henti.

6 (Enam) Nilai Perilaku Utama Insan BNI
1. Meningkatkan Kompetensi dan Memberikan Hasil Terbaik.
2. Jujur, Tulus dan Ikhlas.
3. Disiplin, Konsisten dan Bertanggungjawab.
4. Memberikan Layanan Terbaik Melelui Kemitraan yang Sinergis.
5. Senantiasa Melakukan Penyempurnaan.
6. Kreatif dan Inovatif.

Setiap Nilai Budaya Kerja BNI memiliki Perilaku Utama yang merupakan acuan bertindak bagi seluruh Insan BNI, 6 (enam) Perilaku Utama Insan BNI adalah :
4  NILAI 
BUDAYA KERJA BNI
6 NILAI PERILAKU UTAMA
 INSAN BNI
Profesionalisme 
(Professionalism)
  • Meningkatkan Kompetensi dan Memberikan Hasil Terbaik
Integritas
(Integrity)
  • Jujur, Tulus dan Ikhlas
  • Disiplin, Konsisten dan Bertanggungjawab
Orientasi Pelanggan
(Customer Orientation )
  • Memberikan Layanan Terbaik Melalui Kemitraan yang Sinergis
Perbaikan Tiada Henti
(Continuous Improvement)
  • Senantiasa Melakukan Penyempurnaan
  • Kreatif dan Inovatif

BNI selalu percaya bahwa pegawai merupakan salah satu aset paling berharga bagi organisasi dan perusahaan manapun. Keberlanjutan tidak akan mungkin dicapai tanpa andil dari pegawai. BNI pun berusaha menciptakan kondisi dan pengalaman bekerja terbaik untuk seluruh pegawai. BNI menginginkan setiap pegawai merasa bangga menjadi bagian dari keluarga BNI serta dapat berkarya dan menorehkan prestasi bersama. Tentunya, tanpa dedikasi dan kerja keras seluruh pegawai.
BNI tidak akan mungkin tumbuh dengan baik dan mencapai keberlanjutan. budaya kerja pada tiap perusahaan memiliki tujuan untuk mengubah sikap dan juga perilaku SDM yang ada agar dapat meningkatkan produktivitas kerja untuk menghadapi berbagai tantangan di masa yang akan datang, dengan adanya budaya kerja maka SDM suatu perusahaan akan semakin baik dan memiliki sifat gotong royong terhadap sesama, meningkatkan rasa kekeluargaan antar karyawan dan meningkatkan produktivitas karyawan.
Bank BNI memiliki 4 nilai budaya kerja seperti Profesionalisme, integritas, orientasi pelanggan, dan perbaikan tiada henti.
dengan memiliki 6 (Enam) Nilai Perilaku Utama Insan BNI, yaitu:
  • Meningkatkan Kompetensi dan Memberikan Hasil Terbaik
  • Jujur, Tulus dan Ikhlas
  • Disiplin, Konsisten dan Bertanggungjawab
  • Memberikan Layanan Terbaik Melalui Kemitraan yang Sinergis
  • Senantiasa Melakukan Penyempurnaan
  • Kreatif dan Inovatif

Dengan begitu Bank BNI selalu ingin memberikan yang terbaik untuk para nasabahnya dan selalu menginginkan Insan BNI memiliki sifat nilai-nilai budaya kerja. agar dapat menjadi Insan yang dapat menghadapi tantangan dimasa yang akan datang.

·      Kesempatan Bekerja yang Adil dan Merata
Sebagai salah satu bank nasional terbesar di Indonesia, kehadiran BNI memberikan manfaat bagi masyarakat dalam menciptakan lapangan kerja. Kesempatan bekerja terbuka bagi siapapun yang indin bergabung dengan BNI. BNI juga memiliki kebijakan yang memastikan bahwa setiap pegawai dan calon pegawai diperlakukan dengan adil dan penuh rasa hormat tanpa melihat perbedaan usia, ras, agama, keyakinan, jenis kelamin, hingga kondisi fisik. BNI bahkan menentang segala bentuk diskriminasi dan memegang prinsip kemanusiaan serta menghormati hak asasi manusia dalam pengelolaan sumber daya manusia. Berkat kebijakan tersebut, BNI tidak menemukan atau menerima pengaduan terkait tindakan diskriminasi.

·      Budaya Kerja Insan BNI
BNI memiliki budaya kerja yakni prinsip yang diyakini dan menjadi landasan berbagai kebijakan pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) serta menjadi panduan perilaku untuk setiap insan BNI. Budaya kerja ini dikenal dengan PRINSIP 46. Seluruh insan BNI mulai dari jajaran komisaris, direksi, hingga pegawai di lini terdepat termasuk pegawai rekanan di BNI wajib mematuhi perilaku dan tata nilai budaya kerja ini.
PRINSIP 46 terdiri dari empat nilai utama dan enam perilaku utama Insan BNI yang cliharapkan dapat dipahami sebagai pokok dasar berpikir dan bersikap setiap Insan BNI dalam setiap aktivitas pekerjaannya.
BNI percaya melalui implementasi budaya kerja ini, BNI mampu mewujuclkan visi untuk "Menjacii Bank kebanggaan nasional yang unggul, terkemuka dan terdepan dalam layanan dan kinerja." Maka itu, sosialisasi budaya kerja terus dilakukan kepada setiap pegawai. BNI ingin memastikan setiap insan BNI memiliki pemahaman dan semangat yang sama untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pemangku kepentingan. Sosialisasi budaya kerja dilakukan kepada setiap pegawai yang baru bergabung menjadi bagian dari Insan BNI melalui program induksi baik untuk jenjang fresh graduate maupun experience hire.

·      Profil dan Distribusi Pegawai
Hingga akhir tahun 2014, jumlah pegawai BNI berjumlah 26.536 prang yang tersebar di Kantor Pusat Jakarta dan 15 wilayah operasional BNI di seluruh Indonesia, serta enam cabang BNI di luar negeri. Untuk efisiensi dan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan di seluruh wilayah Indonesia, BNI berusaha memperkerjakan pegawai setempat yang berasal dari wilayah operasional setempat. Seluruh pegawai BNI direkrut secara lokal di masing-masing wilayah operasional. BNI percaya bahwa hal ini tidak hanya dapat membantu perekonomian dan pembangunan daerah dengan penciptaan lapangan kerja, tetapi juga akan membantu BNI dalam mernahami budaya, local wisdom dan kebutuhan pelanggan lokal.

·      Merekrut Talenta Baru
Sebagai proses keberlanjutan perusahaan, BNI tak lupa untuk merekrut pegawai baru yang diprioritaskan memenuhi gap capacity terkait pembukaan outlet dan target ekspansi bisnis.
Pada 2014, BNI telah melakukan beberapa inisiatif untuk meningkatkan efektivitas dari proses rekrutmen sebagai bagian dari strategi dalam memastik.an man-power sustainability. Beberapa clan inisiatif tersebut adalah:
  1. Memanfaatkan jaringan media sosial untuk mendapatkan calon pegawai potensial melalui kerjasama dengan situs Linked-in serta media sosial lainnya.
  2. Peningkatan penggunaan teknologi melalui e-recruitment dan optimalisasi keikutsertaan job fair untuk menjaring calon pegawai bertalenta.
  3. Mengadakan rekrutmen tenaga lokal melalui Officer Development Program (ODP) Lokal dengan desentralisasi pelatihan di Kantor Wilayah dalam rangka memberdayakan dan mengembangkan kondisi ekonomi, sosial dan lingkungan masyarakat sekitar serta optimalisasi penyerapan tenaga kerja di daerah.
  4. Melanjutkan pemberian beasiswa dengan pola ikatan dinas melalui Early Recruitment Program bagi 24 Perguruan Tinggi terpilih.
  5.  Perluasan sourcing channel dengan memanfaatkan channel/outlet BNI di luar negeri untuk mendapatkan calon kandidat Warga Negara Indonesia (VVNI) lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri.
  6. Melaksanakan survei Employee Value Proposition (EVP) sebagai salah satu input untuk meningkatkan efelctivitas sistem rekrutmen, menggali faktor-falctor attractiveness BNI sekaligus meningkatkan corporate brand image BNI di mats pars pencari kerja.
Demi stabilitas kondisi kerja, BNI menyadari rasio turnover pegawai harus diminimalisir. BNI telah menetapkan rasio turnover pegawai pada tahun 2014 harus dibawah 5%. Hingga akhir tahun 2014, jumlah pegawai yang mengundurkan did adalah 850 orang atau 3,24% dari total pegawai BNI. Dengan memperhitungkan karyawan yang mengundurkan diri, diberhentikan, dan pensiun, maka turnover karyawan BNI adalah 4,73% dari total karyawan atau 1.243 °rano.

Referensi :
·         https://sjifa.wordpress.com/2013/06/24/analisis-budaya-kerja-perusahaan-bni46/

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © FlashLeo - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -