- Back to Home »
- Tugas 4.3 Inovasi Sistem Info. dan New Teknologi #
Posted by : Unknown
Friday, January 12, 2018
3.
Coba anda amati kelebihan dan kelemahan aplikasi online di indonesia ?
Jawaban
Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan aplikasi online di Indonesia
:
KELEBIHAN
1. Lebih terpercaya
Data para pengemudi ojek mau pun
taksi pada perusahaan penyedia transportasi online telah terdaftar. Sebelumnya,
mereka mesti mendaftarkan diri dengan berbagai persyaratan tertentu. Termasuk
dengan data diri yang jelas dan surat kelakuan baik dari pihak yang berwenang.
Dengan begini, penumpang akan merasa lebih aman menggunakan pengemudi yang
terdaftar.
2. Praktis
Sebelumnya, jika ingin menggunakan
jasa transportasi, kita biasanya harus keluar rumah dan menuju jalan raya untuk
mencari kendaraan yang kosong penumpang. Jadi, harus merasakan panas bahkan
hujan tanpa kepastian. Tapi, dengan menggunakan aplikasi, kita bisa memesan
jasa transportasi dari rumah atau pun tempat yang nyaman. Ojek atau taksi yang
dipesan pun akan langsung menghampiri.
3. Tarif murah dan pasti
Tiap transportasi online memiliki
cara penghitungan tersendiri untuk tarif. Rata-rata memiliki tarif yang lebih
murah dari tarif transportasi konvensional. Ditambah lagi, dengan adanya
berbagai promo yang bisa menguntungkan dan disukai para penumpang. Semua tarif
yang harus dibayar penumpang sudah tertera sejak awal, sehingga tak ada proses
tawar menawar dengan pengendara.
KEKURANGAN
1. Jaringan bermasalah
Berkat penggunaan jaringan internet
oleh aplikasi yang dibasiskan transportasi ini, maka semua proses yang dilakukan
bakal amat bergantung dengan kondisi internet. Jadi, meski pun kalian melihat
hadirnya pengendara penyedia jasa transportasi berbasis aplikasi online yang
berseliweran di depan mata, tapi kondisi jaringan sedang bermasalah, maka
mereka tetaplah tidak bakal bisa dipesan.
2. Pilihan pengendara ditetapkan
sistem
Pada saat akan memesan ojek mau pun
taksi secara online, dalam aplikasi pada handphone akan terlihat seberapa
banyak pengendara online yang berseliweran di sekeliling kita. Namun, di saat
telah memesan, maka kita tidak akan bisa memilih yang berjarak dekat. Bisa
jadi, pengendara yang akan menjemput kita sedang berada di jarak yang jauh
sehingga harus lama menunggu hingga bisa terjemput.
3. Tidak bisa berganti tujuan
Sejak awal memesan, kita sudah
menentukan akan pergi dari mana dan sampai di mana. Dengan begitu, di aplikasi
akan tertera tarif yang mesti dibayar. Oleh karena itu, misalnya kita mendadak
harus berganti arah karena suatu sebab saat berada di tengah jalan, yang
terjadi adalah kita tetap bakal dibawa sampai ke tujuan yang telah ditetapkan
sebelumnya dan harus membayar sesuai tarif awal yang disetujui.
4. Data pribadi beredar
Di saat mendaftarkan diri pada
aplikasi jasa transportasi online maka kita diwajibkan mengisi berbagai data
diri termasuk nomer telepon. Sesungguhnya, data inilah yang akan dipakai oleh
pengendara agar bisa menghubungi saat menjemput kita. Namun, kalian haruslah tetap
berhati-hati, karena sudah ada beberapa kasus yang menggunakan data ini untuk
hal-hal yang tidak diinginkan.
Referensi
:
·
http://jurnalapps.co.id/article/1214