- Back to Home »
- Tugas 1.3 Manaj. Layanan Sistem Informasi #
Posted by : Unknown
Friday, March 16, 2018
1.3 Sebutkan dan
jelaskan kerangka kerja Manaj.Layanan
Sistem Informasi an. layanan si dan
berikan contoh ?
Jawaban
Kerangka Kerja (Framework)
Manajemen Layanan Sistem Informasi antara lain adalah :
- Information Technology Infrastructure Library (ITIL)
ITIL atau Information Technology
Infrastructure Library adalah suatu rangkaian dengan konsep dan teknik
pengelolaan infrastruktur, pengembangan, serta operasi teknologi informasi
(TI). ITIL diterbitkan dalam suatu rangkaian buku yang masing-masing membahas
suatu topik pengelolaan (TI). Nama ITIL dan IT Infrastructure Library merupakan
merek dagang terdaftar dari Office of Government Commerce (OGC) Britania Raya.
- Control
Objectives for Information and Related Technology(COBIT)
COBIT (Control Objectives for Information and Related Technology) merupakan audit sistem informasi dan dasar pengendalian yang dibuat olehInformation Systems Audit and Control Association (ISACA) dan IT Governance Institute (ITGI) pada tahun 1992.
- Software Maintenance Maturity Model
- PRM-IT IBM’s Process Reference Model for IT
- Application Services Library (ASL)
Aplikasi Layanan Perpustakaan (ASL)
adalah kerangka kerja domain publik dari praktik terbaik yang digunakan untuk
standarisasi proses dalam Aplikasi Manajemen, disiplin memproduksi dan
memelihara sistem informasi dan aplikasi. Istilah “perpustakaan” digunakan
karena ASL disajikan sebagai satu set buku yang menggambarkan praktek-praktek
terbaik dari industri TI. Hal ini dijelaskan dalam beberapa buku dan artikel (banyak
dari mereka hanya tersedia dalam bahasa Belanda) dan di situs resmi ASL BiSL
Foundation.
- Business Information Services Library (BISL)
BiSL adalah standar domain publik
sejak tahun 2005, diatur oleh Lembaga ASL BiSL (sebelumnya Lembaga ASL).
Kerangka kerja ini menggambarkan standar untuk proses dalam manajemen informasi
bisnis di strategi, manajemen dan operasi tingkat. [1] BiSL berkaitan erat
dengan ITIL dan ASL kerangka, namun perbedaan utama antara kerangka kerja ini
adalah bahwa ITIL dan ASL fokus pada pasokan sisi informasi (tujuan organisasi
TI), sedangkan BiSL berfokus pada sisi permintaan (yang timbul dari organisasi
pengguna akhir)
- Microsoft Operations Framework (MOF). Microsoft Operations Framework (MOF) 4.0 adalah serangkaian panduan yang bertujuan membantu teknologi informasi (TI) profesional menetapkan dan menerapkan layanan yang handal dan hemat biaya.
- eSourcing
Capability Model for Service Providers (Escm-sp) daneSourcing
Capability Model for Client Organizations (eSCM-CL) dari ITSqc for
Sourcing Management
eSourcing Capability Model for Service Providers (eSCM-SP) adalah suatu kerangka kerja yang dikembangkan oleh ITSqc di Carnegie Mellon University. eSCM-SP adalah “praktek terbaik” model kemampuan dengan tiga tujuan :
·
Untuk
memberikan penyedia layanan bimbingan yang akan membantu mereka meningkatkan
kemampuan mereka di seluruh sourcing siklus hidup.
·
Untuk
menyediakan klien dengan cara yang obyektif mengevaluasi kemampuan penyedia
layanan.
·
Untuk
menawarkan penyedia layanan standar untuk digunakan saat membedakan diri dari
pesaing.