- Back to Home »
- Tugas 2 Ilmu Budaya Dasar #
Posted by : Unknown
Monday, April 16, 2018
BUDAYA
PERUSAHAAN DAN NILAI-NILAI DARI PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK
Budaya Perusahaan BNI
Budaya Kerja BNI “Prinsip 46” merupakan Tuntutan
Perilaku Insan BNI, terdiri dari:
4 (empat) Nilai Budaya Kerja
1. Profesionalisme.
2. Integritas.
3. Orientasi
Pelanggan.
4. Perbaikan
Tiada Henti.
6 (Enam) Nilai Perilaku
Utama Insan BNI
1. Meningkatkan
Kompetensi dan Memberikan Hasil Terbaik.
2. Jujur,
Tulus dan Ikhlas.
3. Disiplin,
Konsisten dan Bertanggungjawab.
4. Memberikan
Layanan Terbaik Melelui Kemitraan yang Sinergis.
5. Senantiasa
Melakukan Penyempurnaan.
6. Kreatif
dan Inovatif.
Setiap Nilai
Budaya Kerja BNI memiliki Perilaku Utama yang merupakan acuan bertindak bagi
seluruh Insan BNI, 6 (enam) Perilaku Utama Insan BNI adalah :
4 NILAI
BUDAYA KERJA BNI |
6 NILAI PERILAKU UTAMA
INSAN BNI |
Profesionalisme
(Professionalism) |
|
Integritas
(Integrity) |
|
Orientasi Pelanggan
(Customer Orientation ) |
|
Perbaikan Tiada Henti
(Continuous Improvement) |
|
BNI
selalu percaya bahwa pegawai merupakan salah satu aset paling berharga bagi
organisasi dan perusahaan manapun. Keberlanjutan tidak akan mungkin dicapai
tanpa andil dari pegawai. BNI pun berusaha menciptakan kondisi dan pengalaman
bekerja terbaik untuk seluruh pegawai. BNI menginginkan setiap pegawai merasa
bangga menjadi bagian dari keluarga BNI serta dapat berkarya dan menorehkan
prestasi bersama. Tentunya, tanpa dedikasi dan kerja keras seluruh pegawai.
BNI
tidak akan mungkin tumbuh dengan baik dan mencapai keberlanjutan. budaya kerja
pada tiap perusahaan memiliki tujuan untuk mengubah sikap dan juga perilaku SDM
yang ada agar dapat meningkatkan produktivitas kerja untuk menghadapi berbagai
tantangan di masa yang akan datang, dengan adanya budaya kerja maka SDM suatu
perusahaan akan semakin baik dan memiliki sifat gotong royong terhadap sesama,
meningkatkan rasa kekeluargaan antar karyawan dan meningkatkan produktivitas karyawan.
Bank BNI memiliki 4 nilai budaya kerja seperti
Profesionalisme, integritas, orientasi pelanggan, dan perbaikan tiada henti.
dengan memiliki 6 (Enam)
Nilai Perilaku Utama Insan BNI, yaitu:
- Meningkatkan Kompetensi dan Memberikan Hasil Terbaik
- Jujur, Tulus dan Ikhlas
- Disiplin, Konsisten dan Bertanggungjawab
- Memberikan Layanan Terbaik Melalui Kemitraan yang Sinergis
- Senantiasa Melakukan Penyempurnaan
- Kreatif dan Inovatif
Dengan begitu Bank BNI selalu ingin
memberikan yang terbaik untuk para nasabahnya dan selalu menginginkan Insan BNI
memiliki sifat nilai-nilai budaya kerja. agar dapat menjadi Insan yang dapat
menghadapi tantangan dimasa yang akan datang.
·
Kesempatan Bekerja yang Adil dan Merata
Sebagai salah satu bank nasional terbesar di Indonesia, kehadiran BNI
memberikan manfaat bagi masyarakat dalam menciptakan lapangan kerja. Kesempatan
bekerja terbuka bagi siapapun yang indin bergabung dengan BNI. BNI juga
memiliki kebijakan yang memastikan bahwa setiap pegawai dan calon pegawai
diperlakukan dengan adil dan penuh rasa hormat tanpa melihat perbedaan usia,
ras, agama, keyakinan, jenis kelamin, hingga kondisi fisik. BNI bahkan
menentang segala bentuk diskriminasi dan memegang prinsip kemanusiaan serta
menghormati hak asasi manusia dalam pengelolaan sumber daya manusia. Berkat
kebijakan tersebut, BNI tidak menemukan atau menerima pengaduan terkait
tindakan diskriminasi.
·
Budaya Kerja Insan BNI
BNI memiliki budaya kerja yakni prinsip yang diyakini dan menjadi landasan
berbagai kebijakan pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) serta menjadi panduan
perilaku untuk setiap insan BNI. Budaya kerja ini dikenal dengan PRINSIP 46.
Seluruh insan BNI mulai dari jajaran komisaris, direksi, hingga pegawai di lini
terdepat termasuk pegawai rekanan di BNI wajib mematuhi perilaku dan tata nilai
budaya kerja ini.
PRINSIP 46 terdiri dari empat nilai utama dan enam perilaku utama Insan BNI
yang cliharapkan dapat dipahami sebagai pokok dasar berpikir dan bersikap
setiap Insan BNI dalam setiap aktivitas pekerjaannya.
BNI percaya melalui implementasi budaya kerja ini, BNI mampu mewujuclkan
visi untuk "Menjacii Bank kebanggaan nasional yang unggul, terkemuka dan
terdepan dalam layanan dan kinerja." Maka itu, sosialisasi budaya kerja
terus dilakukan kepada setiap pegawai. BNI ingin memastikan setiap insan BNI
memiliki pemahaman dan semangat yang sama untuk memberikan pelayanan terbaik
kepada seluruh pemangku kepentingan. Sosialisasi budaya kerja dilakukan kepada
setiap pegawai yang baru bergabung menjadi bagian dari Insan BNI melalui
program induksi baik untuk jenjang fresh graduate maupun experience hire.
·
Profil dan Distribusi Pegawai
Hingga akhir tahun 2014, jumlah pegawai BNI berjumlah 26.536 prang yang
tersebar di Kantor Pusat Jakarta
dan 15 wilayah operasional BNI di seluruh Indonesia, serta enam cabang BNI di luar negeri. Untuk efisiensi dan
pemerataan pembangunan dan kesejahteraan di seluruh wilayah Indonesia, BNI berusaha memperkerjakan pegawai setempat
yang berasal dari wilayah operasional
setempat. Seluruh pegawai BNI direkrut secara lokal di masing-masing wilayah operasional. BNI percaya bahwa hal
ini tidak hanya dapat membantu perekonomian dan pembangunan daerah dengan penciptaan lapangan kerja, tetapi juga
akan membantu BNI dalam
mernahami budaya, local wisdom dan kebutuhan pelanggan lokal.
·
Merekrut Talenta Baru
Sebagai proses keberlanjutan perusahaan, BNI tak lupa untuk merekrut
pegawai baru yang diprioritaskan memenuhi gap capacity terkait pembukaan outlet
dan target ekspansi bisnis.
Pada 2014, BNI telah melakukan beberapa inisiatif untuk meningkatkan
efektivitas dari proses rekrutmen sebagai bagian dari strategi dalam
memastik.an man-power sustainability. Beberapa clan inisiatif tersebut adalah:
- Memanfaatkan jaringan media sosial untuk mendapatkan calon pegawai potensial melalui kerjasama dengan situs Linked-in serta media sosial lainnya.
- Peningkatan penggunaan teknologi melalui e-recruitment dan optimalisasi keikutsertaan job fair untuk menjaring calon pegawai bertalenta.
- Mengadakan rekrutmen tenaga lokal melalui Officer Development Program (ODP) Lokal dengan desentralisasi pelatihan di Kantor Wilayah dalam rangka memberdayakan dan mengembangkan kondisi ekonomi, sosial dan lingkungan masyarakat sekitar serta optimalisasi penyerapan tenaga kerja di daerah.
- Melanjutkan pemberian beasiswa dengan pola ikatan dinas melalui Early Recruitment Program bagi 24 Perguruan Tinggi terpilih.
- Perluasan sourcing channel dengan memanfaatkan channel/outlet BNI di luar negeri untuk mendapatkan calon kandidat Warga Negara Indonesia (VVNI) lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri.
- Melaksanakan survei Employee Value Proposition (EVP) sebagai salah satu input untuk meningkatkan efelctivitas sistem rekrutmen, menggali faktor-falctor attractiveness BNI sekaligus meningkatkan corporate brand image BNI di mats pars pencari kerja.
Demi stabilitas kondisi kerja, BNI
menyadari rasio turnover pegawai harus diminimalisir. BNI telah menetapkan
rasio turnover pegawai pada tahun 2014 harus dibawah 5%. Hingga akhir tahun
2014, jumlah pegawai yang mengundurkan did adalah 850 orang atau 3,24% dari
total pegawai BNI. Dengan memperhitungkan karyawan yang mengundurkan diri,
diberhentikan, dan pensiun, maka turnover karyawan BNI adalah 4,73% dari total
karyawan atau 1.243 °rano.
Referensi :
·
https://sjifa.wordpress.com/2013/06/24/analisis-budaya-kerja-perusahaan-bni46/