- Back to Home »
- Tugas 2.1 Manaj. Layanan Sistem Informasi #
Posted by : Unknown
Monday, April 16, 2018
2.1 Apa yang anda ketahui tentang
information teknologi infrastruktur libary atau pustaka insfratruktur teknologi
informasi dan berikan contohnya ?
Jawaban
ITIL atau Information Technology Infrastructure Library
(Bahasa Inggris, diterjemahkan Pustaka Infrastruktur Teknologi
Informasi), adalah suatu rangkaian konsep dan teknik pengelolaan infrastruktur,
pengembangan, serta operasi teknologi informasi (TI). ITIL diterbitkan dalam suatu rangkaian buku
yang masing-masing membahas suatu topik pengelolaan TI. Nama ITIL dan IT
Infrastructure Library merupakan merek dagang terdaftar
dari Office of Government Commerce (OGC) Britania Raya. ITIL
memberikan deskripsi detail tentang beberapa praktik TI penting dengan daftar
cek, tugas, serta prosedur yang menyeluruh yang dapat disesuaikan dengan segala
jenis organisasi TI.
Walaupun dikembangkan sejak
dasawarsa 1980-an, penggunaan
ITIL baru meluas pada pertengahan 1990-an dengan
spesifikasi versi keduanya (ITIL v2) yang paling dikenal dengan dua set bukunya
yang berhubungan dengan ITSM (IT
Service Management), yaitu Service Delivery (Antar Layanan)
dan Service Support (Dukungan Layanan).
Pada 30 Juni 2007, OGC menerbitkan versi ketiga ITIL
(ITIL v3) yang intinya terdiri dari lima bagian dan lebih menekankan pada
pengelolaan siklus hidup layanan yang disediakan oleh teknologi informasi. Kelima bagian tersebut adalah:
1. Service Strategy
2. Service Design
3. Service Transition
4. Service Operation
5. Continual Service Improvement
Kelima bagian tersebut dikemas dalam bentuk buku, atau
biasa disebut sebagai core guidance publications. Setiap buku dalam
kelompok utama ini berisi:
1. Practice fundamentals – menjelaskan latar belakang tahapan lifecycle
serta kontribusinya terhadap pengelolaan layanan TI secara keseluruhan.
2. Practice principles – menjelaskan konsep-konsep kebijakan serta tata
kelola tahanan lifecycle yang menjadi acuan setiap proses terkait dalam tahapan
ini.
3. Lifecycle processes and activities – menjelaskan berbagai proses maupun
aktivitas yang menjadi kegiatan utama tahapan lifecycle. Misalnya proses
financial management dan demand management dalam tahapan Service Strategy.
4. Supporting organization structures and roles – proses-proses ITIL tidak
akan dapat berjalan dengan baik tanpa defini roles dan responsibilities. Bagian
ini menjelaskan semua aspek yang terkait dengan kesiapan model dan struktur
organisasi.
5. Technology considerations – menjelaskan solusi-solusi otomatisasi atau
software ITIL yang dapat digunakan pada tahapan lifecycle, serta
persyaratannya.
6. Practice Implementation – berisi acuan/panduan bagi organisasi TI yang
ingin mengimplementasikan atau yang ingin meningkatkan proses-proses ITIL.
7. Complementary guideline – berisi acuan model-model best practice lain
selain ITIL yang dapat digunakan sebagai referensi bagian tahapan lifecycle.
8. Examples and templates – berisi template maupun contoh-contoh
pengaplikasian proses.
Di samping buku-buku dalam core
guidance publications, ada juga complementary guidance. Dimana buku-buku
dalam kategori nantinya dimaksudkan untuk memberikan model, acuan dan panduan
bagi penerapan ITIL pada sektor-sektor tertentu seperti jenis industri
tertentu, tipe organisasi serta arsitektur teknologi. Dengan demikian, ITIL
akan dapat lebih diterima serta diadaptasi sesuai dengan lingkungan serta
behaviour dari setiap organisasi TI.
Sumber :
·
https://id.wikipedia.org/wiki/ITIL
·
https://mumtazgalery.wordpress.com/2013/12/11/apa-sih-it-infrastruktur-library-itil-itu/