- Back to Home »
- Tugas 2.3 Manaj. Layanan Sistem Informasi #
Posted by : Unknown
Monday, April 16, 2018
2.3 Sebutkan dan jelaskan komponen -
komponen dari ITIL serta berikan contohnya ?
Jawaban
ITIL terdiri atas komponen-komponen proses di dalam IT
Service Management. Komponen tersebut terdiri atas service support dan service
delivery.
1. SERVICE SUPPORT
Service support membahas tentang
proses dan komponen dalam operasional IT sehari hari seperti Incident Management,
Problem Management, Change Management, Configuration Management dan Release
Management. Pada dasarnya service support menjelaskan proses support dari IT
untuk operasional sehari-hari, bagaimana cara menangani suatu incident sebelum
akhirnya masuk ke dalam problem management. Setiap komponen dari proses pada IT
service management mempunyai peran masing-masing diantaranya adalah :
- Service desk sebagai single point of contact.
- Release Management dalam melakukan testing suatu teknologi baru sebelum diimplementasi.
- Build knowledge based untuk membantu mempercepat penyelesaian suatu incident.
2. SERVICE DELIVERY
Komponen-komponen dari Service
Delivery ini adalah Financial Management for IT Services, Availability
Management, Capacitiy Management, IT Service Continuity Management, Service
Level Management. Service Delivery ini merupakan tactical proses artinya untuk
mendukung bisnis dari sisi IT Service Management dalam jangka panjang bukan
untuk operasional yang dilakukan setiap hari.
Sumber :
·
http://fikrifajari31.blogspot.co.id/2017/04/informasi-teknologi-infrastruktur.html