Popular Post

Posted by : Unknown Tuesday, January 17, 2017




Siklus Pendapatan adalah kejadian-kejadian yang berkaitan dengan pendistribusian barang dan jasa ke entitas-entitas lain dan pengumpulan pembayaran-pembayaran yang berkaitan. Ada dua transaksi kunci yang di cakup oleh oleh siklus pendapatan, yaitu transaksi penjualan dan transaksi penerimaan tunai atau kredit. Dalam transaksi penjualan, pesanan barang dan jasa dari pelanggan menghasilkan faktur penjualan. Dalam transaksi penerimaan tunai, uang atau cek yang diterima dari pelanggan.


1. ENTRI PESANAN PENJUALAN

Siklus pendapatan dimulai dari penerimaan pesanan dari para pelanggan. Departemen bagian pesanan penjualan, melakukan proses memasukkan pesanan penjualan. Dokumen yang dibuat dalam proses memasukkan pesanan penjualan (sales order). Proses memasukkan pesanan penjualan mencakup tiga tahap, antara lain :
1. Mengambil pesanan dari pelanggan.
2. Memeriksa dan menyetujui kredit dari pelanggan.
3. Serta memeriksa ketersediaan persediaan.

2. PENGIRIMAN

Pengambilan dan Pengepakan pesananan kartu pengambilan barang yang dicetak sesuai dengan entri pesanan penjualan akan memicu proses pengambilan dan pengepakan. Pengiriman pesanan Departemen pengiriman membandingkan perhitungan fisik persediaan dengan jumlah yang ditunjukan dalam kartu pengambilan barang dan dengan jumlah yang ditunjukan dalam salinan pesanan penjualan yang dikirim secara langsung ke bagian pengiriman dari entri pesanan penjualan.

3. PENAGIHAN DAN PIUTANG USAHA

1. Penagihan

Dokumen dasar yang dibuat dalam proses penagihan adalah faktur penjualan yang memberitahukan pelanggan mengenai jumlah yang harus dibayar dan kemana harus mengirimkan pembayaran.

2. Pemeliharaan data piutang usaha

Fungsi piutang usaha yaitumenggunakan informasi dalam faktur penjualan untuk mendebit rekening pelanggan dan mengkredit rekening tersebut ketika pembayaran diterima.

4. PENAGIHAN KAS
Langkah terakhir dari siklus pendapatan adalah menerima pembayaran. Yang melakukan aktivitas ini adlah kasir.

Referensi :

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © FlashLeo - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -