Popular Post

Posted by : Unknown Sunday, November 12, 2017

Tugas ke-1 Mata Kuliah ISD :


1. Sebagai mahasiswa, apa yang anda ketahui tentang tujuan mempelajari Ilmu Sosial Dasar ?

2. Bagaimana anda menyikapi keanekaragaman kehidupan sosial budaya yang ada di negara Indonesia ?

3. Peka terhadap masalah sosial adalah salah satu tujuan mempelajari mata kuliah ISD, berikan penjelasan dan contohnya ?


Jawaban

1.   Tujuan mempelajari Ilmu Sosial Dasar adalah untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan guna mengkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosialnya dapat ditingkatkan, sehingga lebih peka terhadapnya.

2.   Menyikapi keanekaragaman kehidupan sosial budaya yang ada di negara Indonesia bukanlah hal yang mudah. Kita harus bisa menjunjung tinggi toleransi beragama, dan menyikapi perbedaan budaya di masyarakat berdasarkan pancasila ‘Bhinneka Tunggal Ika’ karena semboyan‘Bhinneka Tunggal Ika’ merupakan seomboyan bangsa kita yang mengungkapkan persatuan dan kesatuan yang berasal dari keanekaragaman. Walaupun kita terdiri atas berbagai berakeragaman suku dan budaya, namun kita tetap satu bangsa yaitu bangsa Indonesia.

3.   Peka terhadap masalah sosial adalah salah satu tujuan untuk mempelajari mata kuliah ISD, contohnya banyak sekali yang kita bisa lihat seperti :
1.      Kemiskinan
2.      Pendidikan
3.      Kejahatan
4.      Pengangguran, dsb.

1.      Kemiskinan adalah dimana ketidak mampuan dalam mencapai sesuatu yg diharapkan. Dalam kemiskinan itu sendiri mempunyai faktor-faktor yang mempengaruhi seperti; tingkat pendidikan dan pekerjaan yang semakin sedikit, dalam pekerjaan itu sendiri  sekarang mempunyai standart untuk diterima sebagai karyawan  dan adanya kontrak pegawai.
2.      Pendidikan
Pendidikan di Indonesia yang kurang merata, pada poin ini banyak sekali anak yang berhenti sekolah bahkan ada yg belum pernah mengenyam pendidikan, sedangkan pendidikan sangat berarti bagi kelanjutan hidup. Pemerintah memberikan anggaran dana untuk sekolah namun dalam beberapa fakta masih banyak anak yg beum bisa merasakan atau mengenyam pendidikan.
3.      Kejahatan
Presentase kejahatan di Indonesia sangat cukup tinggi,  apalagi di kota-kota besar seperti kejahatan perampokan, begal, dsb. Kejahatan ini biasanya bermotifkan ekonomi, kejahatan itu sendiri memiliki pelaku yang dari orang yg tidak terpelajar dan terpelajar.
4.      Penganguran
Pengangguran adalah  ketidak mampuan bersaing di dalam dunia kerja, dan ini menjadi masalah serius untuk di beberapa negara berkembang salah satunya seperti Indonesia. Biasanya penganguran bertambah tapi tempat kerja tetap bahkan berkurang, dan penduduk yang dari desa memadati ibu kota berharap mendapat kerja yang layak.
 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © FlashLeo - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -