Popular Post

Posted by : Unknown Sunday, November 12, 2017

Tugas ke-7 Mata Kuliah ISD :

1. Apa yang anda ketahui tentang :
    a. Ilmu Pengetahuan
    b. Teknologi
    c. Kaitan Ilmu Pengetahuan & Teknologi
Jawab :
a.       Ilmu Pengetahuan
Secara umum, Pengertian ilmu pengetahuan adalah suatu sistem berbagai pengetahuan yang didapatkan dari hasil pemeriksaan-pemeriksaan yang dilakukan secara teliti dengan menggunakan metode-metode tertentu. Secara etimologi, ilmu berasal dari bahasa arab dari kata ilm yang berarti memahami, mengerti, atau mengetahuai. Jadi dapat artikan bahwa ilmu pengethuan adalah memahami suatu pengetahuan.

b.      Teknologi
Teknologi adalah kumpulan alat, termasuk mesin, modifikasi, pengaturan dan prosedur yang digunakan oleh manusia. Teknologi secara signifikan memengaruhi manusia serta kemampuan spesies hewan lain untuk mengendalikan dan beradaptasi dengan lingkungan alami mereka. Teknologi digunakan untuk memperluas kemampuan kita, dan yang membuat orang-orang sebagai bagian paling penting dari setiap sistem teknologi. Istilah ini dapat diterapkan secara umum atau untuk daerah tertentu. Contoh: teknologi informasi, teknologi nuklir, teknologi pertanian, dan teknologi komunikasi.

c.       Kaitan Ilmu Pengetahuan & Teknologi
Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni  dapat mendatangkan kemakmuran materi dan spesialisasi dari ilmu itu sendiri. Adanya perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi menimbulkan cabang ilmu pengetahuan baru antara lain : teknik modern, teknologi hutan, teknologi gedung (metalurgi), teknologi transportasi, dan lain-lain. Begitupula dalam perkembangan ilmu sosial terdapat hibrida dalam berbagai disiplin ilmu seperti psikologi social, geopolitik, komunikasi politik, dan lain-lain.
      Jadi kaitannya adalah ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan kesatuan yang tidak bisa terpisahkan karena saling mendukung atau saling membutuhkan satu sama lain.  Dengan ilmu pengetahuan teknologi dapat semakin canggih, dengan teknologi ilmu pengetahuan dapat semakin maju. Permasalahanya cuma satu, yaitu yang memakai ilmu dan teknologi itu bisa jadi untuk kebaikan atau kejahatan

2. Jelaskan tentang Fenomena Teknologi pada masyarakat sesuai teori Sastrapratedja (1980)
    a. Rasionalitas
    b. Artifisialitas
    c. Otomatisme
    d. Monisme
    e. Universalisme
    g. Otonomi
Jawab :
a.       Rasionalitas
Rasionalistas, artinya tindakan yang spontan oleh teknik diubah menjadi tindakan yang direncanakan dengan perhitungan rasional.
b.      Artifisialitas
Artifisialitas, artinya selalu membuat sesuatu yang buatan atau tidak alamiah.
c.       Otomatisme
Otomatisme, artinya dalam hal metode, organisasi dan rumusan dilaksanakan secara otomatis.
d.      Monisme
Monisme artinya semua teknik bersatu, saling berinteraksi dan saling bergantung.
e.       Universalisme
Universalisme, artinya teknik melampaui batas-batas kebudayaan dan idiologi, bahkan dapat menguasai kebudayaan.
f.        Otonomi
Otonomi artinya teknik berkembang menurut prinsip-prinsip sendiri.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © FlashLeo - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -