Popular Post

Posted by : Unknown Sunday, November 12, 2017

Tugas ke-6 Mata Kuliah ISD :

1. Apa yang anda ketahui tentang potensi-potensi pemuda berikut ini :
   a. Idealisme & daya kritis
Secara sosiologis generasi muda belum mapan dalam tatanan yang ada, sehingga ia dapat melihat kekurangan dalam tatanan dan secara wajar mampu mencari gagasan baru.. Dengan adanya sikap idealisme dan daya kritis yang kuat, berarti generasi muda dapat menimbulkan kreatifitas dan dinamika dalam tatanan berupa perubahan, pembaruan, dan menyempurnakan kekurangan yang ada.
   b. Dinamika & kreatifitas
Adanya idealisme pada generasi muda, menyebabkan mereka memiliki potensi kedinamisan dan kreativitas, yakni kemampaun dan kesediaan untuk mengadakan perubahan, pembaharuan, dan penyempurnaan kekurangan yang ada ataupun mengemukakan gagasan yang baru.
   c. Keberanian mengambil resiko
Dalam upaya pembangunan pasti akan ada resiko resiko yang akan timbulnya, seperti melesetnya jadwal pembangunan, terhambat, atau bahkan gagal. Kaum muda dengan kesiapan pengetahuan, perhitungan dan keterampilan dapat mengatasi hal tersebut dengan baik dikarenakan, dan juga lebih berani dalam mengambil resiko. Namun, mengambil resiko itu diperlukan jika ingin memperoleh kemajuan. Generasi muda dapat dilibatkan pada usaha-usaha yang mengandung resiko. Untuk itu diperlukan kesiapan pengetahuan, perhitungan, dan keterampilan dari generasi muda sehingga mampu memberi kualitas yang baik untuk berani mengambil resiko.
   d. Optimisme & penuh semangat
Kita harus optimis dan penuh semangat karena kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, mungkin itulah yang dapat menjadi pegangan para generasi muda  dalam melewati segala tantangan. Selain faktor umur yang cenderung masih panjang  dan faktor kepercayaan diri yang tinggi membuat mereka  memiliki semangat yang juga sangat besar dalam  melakukan suatu hal. Optimis dan semangat yang ada dalam jiwa generasi muda akan menjadi daya pendorong untuk menghasilkan sesatu yang lebih maju lagi sehingga terbentuknya mental yang kuat yang tidak mudah patah semangat.
   e. Sikap mandiri & disiplin
Kita harus mempunya sikap mandiri dan disiplin karena dengan sikap kemandirian mereka dapat menyadari batas-batas yang wajar dan memiliki tenggang rasa, serta melaksanakan sesuatu dengan disiplin. Generasi muda memiliki  keinginan untuk dapat hidup mandiri dan tidak merepotkan orang tuanya lagi, hal ini membuat mereka lebih cepat untuk dapat mandiri.  Mereka juga masih memiliki rasa kedisiplinan yang  murni yang terbentuk dengan alami pada merela tanpa ada aturan aturan dari orang lain.
   f. Terdidik
Kita harus menjadi seseorang yang terdidik, karena generasi muda secara relatif lebih terpelajar karena lebih terbukanya kesempatan belajar dari generasi pendahulunya.
   g. Keanekaragaman dalam persatuan & kesatuan
Keanekaragaman pada pemuda, merupakan cermin keanekaragaman bangsa kita. Keanekaragaman tersebut merupakan potensi dinamis dan kreatif berdasarkan semangat sumpah pemuda serta kesamaan semboyan Bhinneka Tunggal Ika bersatu kita teguh bercerai kita runtuh.
   h. Patriotisme & Nasionalisme
Dengan sikap patriotisme dan nasionalisme, generasi muda dapat dilibatkan dalam upaya pembelaan dan mempertahankan Negara. Para generasi muda juga memiliki lebih banyak waktu untuk mengeksplorasi  bermacam macam keindahan dan kelebihan bangsa yang dapat memicu mereka untuk lebih mencintai dan menjunjung tinggi bangsa indonesia.
   i. Sikap ksatria
Sikap kesatria identik dengan sikap berani, mengabdi pada Negara serta rasa tanggung jawab social yang tinggi. Sehingga dengan sikap itu para generasi muda dpat menjadi pembela dan penegak hukum bagi masyarakat dan bangsa.
   j. Kemampuan penguasaan ilmu & teknologi
Kita harus mempunyai kemampuan ilmu & teknologi, karena teknologi selalu berkembang dan disitu kita harus mempunyai ilmu supaya bisa mengikuti perkembangan zaman.

2. Menurut anda apa yang harus dilakukan dalam upaya "Mencerdaskan kehidupan Bangsa" ?
Jawab  :
Bangsa yang baik adalah bangsa yang mampu melahirkan benih-benih generasi muda yang mampu mencerdaskan kehidupan bangsa tersebut.  Menurut saya yang harus dilakukan dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa adalah pendidikan. Pendidikan yang dimaksud adalah pendidikan yang berkarakter yang dapat mengembangkan kreatifitas dan kemampuan anak untuk berfikir kritis sehingga apa yang dipelajari dapat tertanam dalam diri siswa.
 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © FlashLeo - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -