Popular Post

Posted by : Unknown Sunday, November 12, 2017

Tugas ke-4 Mata Kuliah ISD :

Masa remaja adalah masa transisi dan secara psikologis cukup problematis, terkadang mereka bisa melanggar norma dan rentan terhadap berbagai pengaruh negatif, termasuk pengaruh new media.
1. Sebagai mahasiswa, bagaimana menurut anda agar para remaja dapat membentengi dirinya sendiri ? agar tidak terpengaruh dengan hal-hal negatif yang dapat merugikan.

Jawab :
Cara saya sebagai mahasiswa agar dapat membentengi diri sendiri dari pengaruh hal-hal negatif yang dapat merugikan antara lain :
1. Hindari lingkungan yang buruk
Kita harus bisa menghindari lingkungan yang buruk, lingkungan merupakan area bersosialisasi setelah keluarga. Ketika lingkungan yang digunakan untuk bersosialisasi bukanlah lingkungan yang baik, maka perilaku menyimpang dapat saja terjadi. Menjadi pekerjaan orang tualah untuk mendidik anaknya supaya dapat mengerti baik dan buruk suatu perilaku sejak dini. Namun terkadang karena kesibukan dari  orang tua maka anak yang tidak mendapat pengawasan dengan baik dan akhirnya banyak dari mereka yang terjerumus pada pergaulan bebas.Disinilah peran kita untuk menghindari hal itu, supaya kita tidak terjerumus dan tidak membuat malu kedua orang tua.

2. Batasi waktu keluar rumah
Kita harus bisa membatasi waktu keluar rumah, ada saatnya untuk main, untuk belajar, dan untuk keluarga. Bila kita sudah bisa membagi waktu tersebut, kita akan bisa terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan.

3. Mengisi waktu kosong
Kita harus bisa mengisi waktu kosong, ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu yang kosong dengan kegiatan yang bersifat positif. Mengisi waktu kosong menghindarkan anda dari sikap bermalas-malasan atau bahkan pergi keluar untuk bergaul dengan mereka yang telah terjerumus.
Terutama bagi kalian yang masih remaja sikap bermalas-malasan serta banyak menghabiskan waktu di luar, akan membuang waktu secara percuma. Mengisi waktu luang dapat dilakukan dengan mengerjakan tugas, melakukan hobi atau bahkan mengumpulkan teman sebaya untuk diajak melakukan bakti sosial dan melakukan bebeberapa aktivitas yang dilakukan ketika bosan.

4. Tanamkan sikap positif
Kita harus bisa menanamkan sifat positif, sifat positif harus dilakukan sejak dini. Perilaku yang baik tentu membuahkan hasil yang baik pula. Bagi seorang anak yang sejak awal telah mengenal sifat positif tentu akan dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.

5. Jangan sampai salah dalam bergaul
Bergaul terutama dengan teman sebaya merupakan hal yang penting dilakukan. Namun akan menjadi salah untuk dilakukan ketika anda tidak berhati-hati dalam mencari teman. Teman yang memiliki kelakuan buruk dapat memberi dampak yang buruk pula karena dapat mempengaruhi perilaku anda. Jadi kita harus bisa memilih teman yang baik ataupun yang tidak.

6. Dekat dengan orang tua
Kita harus selalu dekat dengan keluarga, karena keluarga adalah segalanya untuk diri kita.

7. Banyak belajar ilmu agama
Kita harus bayak belajar ilmu agama, dengan ilmu agama yang kuat mereka tidak akan salah dalam pergaulan hingga menyebabkan hal yang buruk terjadi. Ketika agama yang dianut dipegang dengan kuat, tentu seseorang mampu membuat benteng bagi dirinya untuk tidak melakukan hal buruk.

10. Jangan coba-coba
Rasa keingintahuan yang begitu besar membuat seseorang ingin mencoba hal-hal yang membuat penasaran tersebut. Ada banyak sekali hal baru yang bisa ditemukan terutama dari lingkungan sekitar seperti halnya rokok, minuman keras terlebih seks bebas. Ketiga hal tersebut merupakan hal-hal buruk yang dapat membuat seseorang merasa kecanduan. Membentengi diri serta memahami betul jika hal tersebut mampu membuat tubuh menjadi rusak dan berpenyakit merupakan hal yang harus dipahami.

2. Bagaimana media dapat memberi dorongan pada remaja untuk dapat mengeksplore potensi dirinya, bukan malah sebaliknya ?

Jawab :
Menurut saya cara media dapat memberi dorongan untuk para remaja agar dapat mengeksplore potensinya adalah dengan cara membuat content-content yang baik, content-content yang bersifat mengajak ke sesuatu hal yang baik, dan yang bisa membakar semangatnya untuk mengembangi skill atau keahliannya.

3. Pemuda Pemudi harapan bangsa, sebagai generasi penerus apa yang harus dipersiapkan agar dapat mengharumkan nama keluarga, lingkungan dan Bangsa Indonesia ?

Jawab :
Sebagai generasi penerus bangsa, kita harus bisa membentengi diri dan terus belajar dalam hal apapun yang intinya masih bersifat postif. Kita juga harus bisa menemukan dan mengasah terus bakat kita, karena bakat adalah anugrah terindah yang ga semua orang bisa mendapatkannya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © FlashLeo - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -