Popular Post

Posted by : Unknown Sunday, November 12, 2017

Tugas ke-5 Mata Kuliah ISD :

Bagaimana menurut anda tentang perbedaan dua pengertian pokok dalam hal Pembinaan & Pengembangan Generasi Pemuda :
1. Generasi Pemuda sebagai Subjek pembinaan dan pengembangan adalah mereka yang telah memiliki bekal-bekal & kemampuan serta landasan untuk dapat mandiri & memiliki potensi ?
Jawab :
   Pembinaan secara etimologi berasal dari kata bina. Pembinaan adalah proses, pembuatan, cara pembinaan, pembaharuan, usaha dan tindakan atau kegiatan yang dilakukan secara berdaya guna dan berhasil guna dengan baik. Di dalam pembinaan terdapat unsur tujuan, materi, proses, cara, pembaharuan, dan tindakan pembinaan. Selain itu, untuk melaksanakan kegiatan pembinaan diperlukan adanya perencanaan, pengorganisasian dan pengendalian. Dalam pengembangan generasi muda muda itu sangat penting, untuk membuat para generasi muda bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya atau sudah matang dengan bekal dan kempuannya untuk bisa bersaing di dunia pekerjaan.

2. Generasi Pemuda sebagai Objek pembinaan dan pengembangan adalah mereka yang masih memerlukan pembinaan dan pengembangan ke arah pertumbuhan potensi ? jelaskan dan berikan contohnya.
Jawab :
Generasi Pemuda sebagai objek pembinaan dan pengembangan adalah mereka yang masih memerlukan pembinaan dan pengembangan ke arah pertumbuhan potensi. Hal itu di karenakan masa muda adalah masa dimana sebuah cita-cita, sebuah mimpi dan semangat sedang berada di puncaknya. Masa muda adalah masa yang paling tepat untuk mewujudkannya. Caranya adalah dengan mengetahui apa saja potensi dalam diri anda dan bagaimana cara mengembangkan potensi diri tersebut.
Anak muda adalah mereka yang memiliki dunia yang menyenangkan, dunia yang penuh dengan kegembiraan dan bahkan banyak orang yang sudah tua ingin kembali ke masa muda mereka. Karena disaat kita masih muda, kita bisa melakukan apa saja yang kita inginkan. Mengembangkan karir, mengembangkan prestasi, mengembangkan hobi dan masih banyak lainnya.
Sebagai anak muda tentu kita memiliki keinginan untuk menjadi apa kelak kedepannya. Itu artinya kita akan melihat kedalam diri kita sendiri, potensi apa yang dimiliki sehingga kita bisa menjadi seseorang yang menjadi impian Anda ? Karena alasan inilah mungkin dulu saat kita berada di bangku sekolah menengah, kita diperkenalkan dengan bermacam ekstakurikuler. Kita tidak hanya dituntut untuk bisa pandai dalam akademik saja, melainkan kita juga harus seimbang dengan memiliki potensi yang berada di bidang non akademik.
Jadi sebenarnya cara mengembangkan potensi diri bisa kita dapatkan dari mana saja, bahkan bisa kita lakukan secara otodidak dan masih banyak lagi. Cara-cara seperti ini yang diharapkan bisa menjadi cara terbaik agar banyak anak muda yang menguasai potensi yang dimiliki dan menggunakannya dengan baik. Pada pembinaan dan pengembangan potensi generasi muda pada tingkat perguruan tinggi, lebih banyak diarahkan dalam program-program studi dalam berbagai ragam pendidikan formal. Contohnya mereka dibina di laboratorium dan pada kesempatan praktek kerja lapangan, pada pembinaan di laboratorium disana para generasi muda di ajarkan bagaimana cara membuat program dan setelah itu di uji kembali apa yang telah diajarkan pada mereka apakah mereka bisa menyerap ilmu atau tidak. Untuk praktek kerja lapang para generasi muda di ajarkan bagaimana dunia pekerjaan itu, seperti waktu, bersosialisasi pada lingkungan pekerjaan, bertanggung jawab, dan masih banyak lagi. Kaum generasi muda memang betul-betul merupakan suatu sumber bagi pengembangan masyarakat dan bangsa. Oleh karena itu, pembinaan dan perhatian khusus harus diberikan bagi kebutuhan dan pengembangan potensi mereka. Cara mengembangkan potensi generasi muda, antara lain :

1. Individu harus diberi ilmu pengetahuan (keterampilan) yang dibutuhkan bagi kehidupan kelak di masyarakat.
2. Individu harus mampu berkomunikasi secara efektif dan mengembangkan kemampuannya.
3. Pengendalian fungsi-fungsi organik yang dipelajari melalui latihan-latihan mawas diri yang tepat.
4. Bertingkah laku secara selaras dengan norma atau tata nilai dan kepercayaan pokok ada pada lembaga atau kelompok khususnya dan pada masyarakat umumnya.
 


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © FlashLeo - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -